Monday, June 11, 2012

Kerandangan: 2nd team's unfinished mission

Sebenernya ini postingan gue post kemaren, tapi pas pulang, badan gue berasa pecah belah makanya gue langsung tepar. So, ini cerita pas kemaren, tepatnya hari minggu, jam 7 pagi, kita, anak biologi pada pergi ekspedisi *sebenernya bukan ekspedisi juga sih namanya. Tapi yang punya acara kasih nama gitu ya mau gimana lagi*.

Jadi waktu itu memang janjinya katanya mau berangkat jam tujuh, tapi karena kami bangsa Indonesia, jiwa ngaret telah berurat dan berakar dalam jadi diri kami *ini apa banget dah?!* jadi berangkatnya udah mau jam setengah sembilan gitu, pokoknya telat banget deh! Sekitar 20 menit di jalan, kita akhirnya nyampe juga di hutan Kerandangan. Gue pikir sih tadinya mikir tempetnya sebelum Senggigi, tau-taunya lebih jauh lagi deh! Jujur aja sebenernya gue belum pernah kesana sebelumnya jadi gue gak familiar gitu sama tempetnya. Pas mereka bilang hutan Kerandangan aja, gue kaget soalnya gue taunya kerandangan itu bukan hutan tapi pantai. *ini satu lagi fakta yang membuktikan bahwa gue ternyata emang kurul alias kurang gaul*

Hutan Kerandangan, setelah nyampe sana kesan pertama gue ini hutan pretty good lah tapi masih bagusan Pusuk I think. Itu padahal hutan tapi kurang dingin gitu gue gak tau kenapa hutan mesti identik with being cool. But take Sekotong for example, ini daerah panasnya subhanallah, tapi disana ada kayak bukit kecil gitu dan bukit ini dingin, rasanya kayak bukan di Sekotong aja gitu. Pin gue, ini kan hutan gede, tapi udaranya biasa aja gitu, mungkin karena deket Mataram kali ya? jadi polusi udaranya uda parah, not sure. Btw gue lupa ambil photo dipintu masuknya, yang jelas rutenya sama kayak mau ke Senggigi terus nanti kalian belok kanan ntar ketemu sign bacaanya Desa Kerandangan.


Nahh, pas semua rombongan  udah nyampe sana semua -oh ya, gue lupa bilang ke kalian, kalo gue sama temen-temen kesana itu naek motor, bayangin kita ber-50 lebih, alhasil kita keliatan kayak orang lagi convoy gitu, atau lebih tepatnya kayak orang mau demo!- si Husnu, adek tingket gue, sekaligus ketua HIMA Biologi, sekaligus panitia acara, sekaligus pemimpin doa, sekaligus apalagi ya pokoknya, anak itu jabatannya banyak deh *ini kok jadi bahas Husnu*. yah, jadi si Husnu ini ngasi kita pembukaan gitu, dilanjutin sama pengarahan dari pak dosen dan bapak-bapak, /gue gag tau nama bapak-bapak nya siapa...!!/ sebelum ekspedisi dimulai.

Habis itu kita dibagi-bagi ke beberapa kelompok. Duh gue langsung lemes and ilang mood. abisan kan gue ngikut ini acara buat seneng-seneng sama refreshing bareng temen seangkatan gue, ehh malah ini kita dipisahin gini ke beberapa kelompok, kacau deh pokoknya. Tadinya malah gue cuma sekelompok ama Rizal (maksud gue satu-satunya temen dikelompok gue yang seangkatan sama gue, lainnya itu adek tingket aka junior, gue pun akhirnya menarik Anim dengan paksa ke kelompok gue. dari pada gue bengong sendirian ntar, yah. biar kata gue sama adek-adek tingket udapade deket (secara go ngo-asst praktikum mereka tiep minggu)  tetep aja rasanya kurang kalo gak ada temen seangkatan di kelompok.

Dan akhirnya ekspedisipun dimulai. Gue dapet kelompok 2, dan kelompok 2 dapet jalur lewat semak-semak. Panitia buat 4 jalur untuk ekspedisi kali ini, ada jalur lewat jalan setapak, jalur semak, jalur sungai, sama satu lagi gue gak inget jalur apa..?!

Ternyata setelah 20 menitan ekspedisi, kelompok gue turned out to be asik. Gue sekelompok sama adek tingket yang rata-rata gue uda kenal semua, kecuali yang semester 2, secara gue belum pernah ngo-asstin angkatan mereka, jadi belum terlalu akrab. Tapi kalo sama Wawan, Monito, Fildzah, Nurul, Yulia, Ica Ruri, gue mah sama mereka berantem terus kerjaanya pas praktikum, jadi kita pretty chill lah.

So, pas ekspedisi kita pengamatan banyak, mulai dari plantae, sampe animalia yang verteb maupun inverteb. Gue masuk ke kelompok yang tumbuhan-tumbuhan. duh, padahal gue gak paham banget kalo soal plant. Tapi daripada disuruh ngamatin aves or  reptile atau some other shit inverteb like butterflies and stuff, gue mendingan milih tumbuhan aja deh.

Yahh, kita dikasi kunci identifikasi sih tapi gag lengkap jadinya gak ngebantu banyak. But anyway, I did manage to take some pretty photos, so lemme post some here,






Pas ditengah jalur semak-semak itu, kita gak sengaja ketemu snake dong, lol, untung ularnya gak berbisa jadi gak berbahaya banget lah. Saya sih sebenrnya gak terlalu takut ular, tapi itu ular  dengan suksesnya buat beberapa adek tingket ngejerit gak jelas, sampe-sampe Bapak pemandunya juga ikutan panik gitu..

Ini pas kita lagi pengamatan,  tracknya sempit banget, yang didepan itu gue gak tau deh, kelompok gue bukan? lol.

Selesai ekspedisi ternyata uda jam 12 siang, kita istirahat di sungai berbatu gitu, lumayan view-nya. Kita juga sambilan istirahat makan siang di sana.ketemu beberapa adek tingekte yang suka ngejailin gue, huhhh makan siang gue jadi gak tenag, abis guenya sambil di potoin gitu, candid katanya. Damnn!!

biarpun hampir kering, sungainya lumayan sejuk ternyata.

Setelah makan siang, kita sempetin dulu foto-foto bareng. Duh, males banget deh pas itu, tapi lagi-lagi si Husnu nyuruh-nyuruh gitu, yahhh gue respect lah, secara dia ketua panitia. Habis itu kita semua balik ke start point, duhhhh ini jalan baliknya capek deh, gue hampir tepar di jalan. Perasaan pas jalan ekspedisi, kita gak jalan sejauh ini, lhaa kenapa pas balikjadi berasa kayak tiga kali lipat jarak sebelumnya. Gak bener ni! Sepanjang jalan balik, gue digangguin sama  junior-junior gue, heran gue, demen banget mereka ngusilin gue. Untung pas balik gue jalan bareng Yafana sama Yi' jadigue ada temen ngobrol.

Sesampainya di start point, kita sholat dhuhr, soalnya nyampe sana ternyata uda jam 2 lewat. Tadinya gue kepikiran buat sholat di rumah, secara keringetan abis, gak enak sholat.. tapi mau gak mau haru sholat di sana, soalnya kalau pulang pun gak keburu kayaknya.

Dan bener aja, ternyata kita mesti presentasi juga habis itu soalhasil ekspedisi, RIP, gue uda yang capek banget, kehilangan antusias sama sekali, gue hampir tidur di belakang gak pay attention sama sekali sama yang presentasi.


Itu dia cerita hari ini, I hope you guys had a good day too. I'm about to go to bed early tonight, bc damn I'm soooo tired as hell.

So good night everyone,

xx

4 comments:

FEEL FREE TO SPEAK. AND ALL COMMENTS WILL BE RETURNED.
XX.